Headlines News :
Home » » Dunia Tak Selebar Daun Rumput, Jadi Renungkanlah?

Dunia Tak Selebar Daun Rumput, Jadi Renungkanlah?

Written By Unknown on Tuesday 22 March 2011 | 08:51

Dulu saya sempat berpikir dan mungkin juga anda barangkali sama seperti saya, yaitu kenapa harus ada perbedaan. Karena perbedaan membuat kita saling iri,dengki,gengsi, dan lebih Tragis lagi perbedaan justru menghilangkan nyawa orang lain. Ini tidak hanya tentang sikap, namun kata juga selalu ada pertentangan, dunia sepak bola ada LPI dan PSSI, dunia artis, dan lain hal sebagainya. Namun , suatu hal yang gak asik juga ketika tidak ada sesuatu yang berbeda atau yang menjadi pembeda dalam kehidupan ini. Secara hakikat, manusia itu sama, tetapi tak pernah ada manusia yang benar-benar sama dalam segala hal. Kemiripan wajah, kesamaan hobi, bahkan ikatan batin dan pertautan rasa yang kuat pun tidak menjadikan kita sama dengan mereka atau aku adalah dia dan kamu adalah saya. Kita berbeda dan memiliki perbedaan. Masa’ sih semua muka manusia di dunia ini sama, bapak sama anaknya wajah mirip, hewan semuanya bertanduk dan lain sebagainya, akan terasa membosankan sekali hidup ini.



Dulu ketika saya duduk di SD,SMP dan SMA sangat anti sekali memegang kitab selain kitab agama saya, apalagi ketika membaca buku ada yang berbau agama lain saya akan cepat – cepat mengganti dengan buku bacaan yang tidak mengandung unsur agama orang lain, Sungguh saya sangat fanatik kala itu. Namun, Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya wawasan saya dan berani menilik kedunia yang lebih luas, tentunya pandangan itu sedikit demi sedikit mulai luntur dan saya mulai welcome dengan berbagai kitab dan bacaan meski berbau agama orang lain. Karena Dunia tak selebar daun rumput. Semua kitab pasti mengajarkan yang baik-baik (kalau tidak ada campur tangan manusia), dan juga ayat – ayat Tuhan yang terkadung di dalam suatu kitab pasti akan sangat berarti untuk panduan kita menjalani kehidupan.



Hal lain juga yang membuat saya tersadar dan sekaligus membuka mata saya yaitu ketika melihat dan mengamati kisah percintaan teman saya, dua sejoli yang berasal dari daerah yang sama namun berbeda Suku dan Agama, tapi, mereka enjoy – enjoy aja, bahkan keluarga dari kedua teman saya juga sudah tahu dan tidak mempermasalahkan perbedaan tersebut, karena keyakinan adalah hak setiap insan. Dan juga masih banyak contoh – contoh lain yang mungkin lebih inspiratif dan tentunya yang membuat saya, anda dan kita semua sadar akan betapa indahnya perbedaan.

Memang ada harga yang harus dibayar untuk sebuah perbedaan. Namun , Harga itu tergantung dari cara pandang kita, dari ilmu kita, dan lingkungan kita. Kadang kita harus membayarnya dengan harga mahal.Namun Ada kalanya juga, kita bisa mengkompromikannya. Tapi, tetap. Selalu ada harganya. Bukan hanya tentang perbedaan. Tapi, setiap pilihan dalam kehidupan kita.

Jadi tuhan menciptakan kita berbeda dengan maksud agar kita saling mengenal satu sama lain. Karena perbedaan adalah harmoni yang membuat hidup kita lebih berarti. Di dalam perbedaan, tersimpan arti yang pantas untuk dimengerti. Dengan perbedaan, kita mampu merasakan makna kebersamaan, sehingga kita bisa memahami bahwa perbedaan adalah alasan untuk sebuah pengertian.

salam damai selalu

(BS)
Share this post :

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan anda. Jika Anda COPAS Tolong cantumkan Link Sumber. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.
Jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar :)

 
Support : Jadwal Training 2016 | Informasi Training dan Seminar Indonesia | Mas Template
Copyright © 2011. WWW.SINTANG.COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger