Headlines News :

Sigmund Freud

Written By Unknown on Saturday 24 March 2012 | 12:53

Bagi orang yang mendalami ilmu psikologi, tentu satu nama ini sudah tidak asing lagi. Dialah tokoh yang mencetuskan cikal bakal psikoanalisa. Dia dilahirkan pada 6 Mei 1856 di kota Freiberg yang terletak di Cekoslowakia. Ia berasal dari keluarga miskin. Ayahnya berprofesi sebagai pedagang bahan wol yang tidak terlalu sukses. Namun kondisi tersebut bukan menjadi alasan bagi Freud untuk menuntut ilmu. Ayah Freud memiliki pemikiran yang tajam dan berhati baik. Sedangkan ibunya dikenal sebagai wanita yang lincah. Dia melahirkan Freud pada usia 21 tahun. Dengan modal kualitas orang tua inilah, pendidikan Freud dimulai hingga menjadikannya seorang tokoh ternama.

Sejak kecil dia telah terlihat lebih menonjol daripada anak-anak sebayanya yang lain. Dia brilian dan selalu menjadi juara kelas. Kecerdasannya yang luar biasa telah tampak sejak dia kecil. Saat usianya empat tahun, keluarganya pindah ke Wina yang kemudian menjadi tempatnya menghabiskan hampir seluruh hidupnya.

Dia tergolong pelajar jempolan. Freud belajar tentang kedokteran dan memilih spesialisasi di bidang neurologis. Professor Ernst Brucke adalah orang yang telah mengajak Freud memasuki dunia penelitian. Freud banyak mengembangkan ide dan pemikirannya dalam teknik terapi psikoanalisa saat dia praktek sebagai ahli syaraf. Dia meraih gelar sarjana kedokteran dari universitas di Wina pada tahun 1881. Selanjutnya, dia mendalami bidang psikologi, membentuk staf klinik psikiatri, melakukan praktek pribadi di bidang neurologi. Dia juga bekerja di Paris bersama neurolog Perancis yang terkenal Jean Charcot, juga bersama dokter Josef Breuer.

Pada tahun 1900 dia mengeluarkan sebuah buku tentang tafsir mimpi. Buku ini merupakan buku orisinalnya dan berhasil melambungkan namanya meskipun pada awalnya penjualan buku tersebut dipasaran sedikit lemah. Di tahun 1902 dia mengkoordinir kelompok diskusi psikologi di Wina. Freud telah menghasilkan banyak karya penting dan menjadi orang yang tersohor. Freud terkenal dengan teori psikoanalisanya. Dalam teori ini diungkapkan dan ditekankan arti penting alam bawah sadar manusia yang dapat mempengaruhi sikap seseorang. Dia menunjukkan bahwa proses tersebut dapat mempengaruhi isi mimpi dan menyebabkan adanya kata-kata yang meleset atau salah sebut. Hal tersebut juga menimbulkan kelupaan terhadap nama-nama dan juga menyebabkan penderitaan atau penyakit yang sebenarnya timbul dari diri sendiri.

Mungkin dialah yang paling terkenal dengan gagasan bahwa gairah seksual yang tertekan sering kali menjadi penyebab penting dalam hal penyakit jiwa atau neurosis, meskipun dia bukanlah orang yang pertama mengemukakan gagasan tersebut. Dia juga menunjukkan bahwa gairah seksual dan nafsu seksual bermula pada saat masa kanak-kanak, bukan langsung pada saat dewasa. Freud adalah tokoh menonjol dalam sejarah pemikiran manusia. Berbagai pendapatnya telah merevolusionerkan konsepsi tentang pikiran manusia. Dialah yang mengusulkan gagasan serta istilah-istilah yang kini telah

banyak digunakan oleh khalayak umum, seperti istilah ego, super ego, Oedipus complex dan kecenderungan hasrat mau mati.

Sebagian besar orang beranggapan bahwa psikoanalisa merupakan cara penyembuhan yang mahal dan serius. Tetapi, teknik itu meraih sukses besar. Mayoritas psikolog kini yakin bahwa proses mental bawah-sadar memegang peranan yang menentukan dalam tingkah laku manusia. Padahal sebelumnya, bnayak orang yang tidak mempedulikannya.

Meskipun Freud bukan psikolog pertama, namun pandangan-pandanganya dalam perkembangan teori psikologi modern cukup berpengaruh. Di saat-saat terakhirnya, dia menderita kanker pada tulang rahang. Namun, karya-karyanya tetap bermunculan.

Share this post :

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan anda. Jika Anda COPAS Tolong cantumkan Link Sumber. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.
Jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar :)

 
Support : Jadwal Training 2016 | Informasi Training dan Seminar Indonesia | Mas Template
Copyright © 2011. WWW.SINTANG.COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger