Headlines News :
Home » » Profil Wilhelm Conrad Rontgen

Profil Wilhelm Conrad Rontgen

Written By Unknown on Wednesday 27 June 2012 | 01:09

Penemu sinar X ini dilahirkan pada tahun 1845 di kota Lennep, Jerman. Gelar doktor telah diraihnya di usia 24 tahun dari Universitas Zurich. Beberapa tahun setelah itu, Rontgen bekerja di berbagai universitas dan lambat laun memperoleh reputasi sebagai ilmuwan papan atas. Selanjutnya dia diangkat sebagai mahaguru bidang fisika dan direktur lembaga fisika universitas Wurburg.

Delapan November 1895 Rontgen membuat penelitian dengan sinar katoda. Penelitian inilah yang melambungkan namanya, karena dia menemukan sebuah sinar misterius yang diberi nama “sinar X.” X itu sendiri diambil dari lambang matematika yang biasa digunakan sebagai symbol bagi sesuatu yang belum diketahui. Berawal dari hasil penelitian yang tidak disangka-sangka ini, Rontgen semakin tertarik melakukan penelitian lanjutan yang memfokuskan pembahasan mengenai misteri sinar X. Setelah beberapa minggu bekerja keras, dia menemukan bukti-bukti antara lain sinar X dapat menerobos melalui berbagai benda yang tak tembus oleh cahaya biasa. Sinar X dapat menembus langsung dagingnya tetapi berhenti pada tulangnya. Ini diketahui dengan cara meletakkan tangannya antara tabung sinar katoda dan layar yang bersinar. Rontgen dapat melihat di layar bayangan dari tulang tangannya. Dia juga mengetahui bahwa sinar X berjalan menurut garis lurus, tidak seperti partikel bermuatan listrik, sinar X tidak terbelokkan oleh bidang magnet. Penemuan sinar X cukup menggemparkan dan menari perhatian para ilmuwan untuk melakukan berbagai penelitian yang berkaitan dengan sinar X. Salah satu peneliti yang melakukan kajian lanjut tersebut adalah Antoine Henri Bacquerel yang justru menemukan fenomena penting tentang radioaktivitas.

Penemuan ini memberikan sumbangan besar dalam dunia kedokteran gigi. Pemanfaatannya yang paling besar adalah dalam bidang pengobatan dan diagnosa gigi. Sinar X juga digunakan untuk kepentingan lainnya, yaitu di bidang radioterapi. Dala hal ini sinar X digunakan untuk menghancurkan tumor ganas atau mencegah pertumbuhannya. Pemanfaatan lainnya adalah di bidang industri. Sinar X bisa digunakan untuk mengukur tebal suatu benda atau mencari kerusakan yang tersembunyi. Sinar X bermanfaat juga dalam bidang penelitian ilmiah mulai dari biologi hingga astronomi. Lebih khususnya, sinar X memberikan informasi banyak yang berkaitan dengan atom dan struktur molekul.

Rontgen tak punya anak, karena itu dia dan istrinya mengangkat anak seorang gadis. Tahun 1901 Rontgen menerima Hadiah Nobel untuk bidang fisika. Dan dia tutup usia di Munich, Jerman tahun 1923.
Share this post :

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan anda. Jika Anda COPAS Tolong cantumkan Link Sumber. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.
Jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar :)

 
Support : Jadwal Training 2016 | Informasi Training dan Seminar Indonesia | Mas Template
Copyright © 2011. WWW.SINTANG.COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger