Headlines News :
Home » » PSIKOLOGI DAN FREUD

PSIKOLOGI DAN FREUD

Written By Unknown on Thursday 30 April 2009 | 01:26

PSIKOLOGI DALAM

Freud mendefinisikan Id sebagai suatu dorongan naluriah yang berada dalam bawah sadar manusia. Id terutama dapat dilihat sewaktu fase bayi dari seorang manusia. Id juga disamakan oleh frued sebagai dorongan akan kesenangan. Ketika lapar dan haus bayi secara naluriah akan menangis dan mencari puting susu dari ibunya. Demikian juga dengan keinginan naluriah yang lainnya.

Ketika menginjak kedewasaan mulai ia diberi pengetahuan mengenai baik dan buruk. Apa yang tidak boleh dilakukan dan apa yang sebaiknya ia lakukan. Nilai-nilai atau peraturan moral yang ada ini dinamai oleh Freud dengan Superego. Nah kebanyakan dari peraturan ini akan menekan dorongan Idnya. Dalam upaya-upaya menyesuaikan dorongan Id serta hukum moral ini ditengahi oleh kesadarannya yang disebut ego.

Kebanyakan secara tidak sadar Id juga hadir lewat mimpi sebagai suatu bentuk pemuasan kesenangan yang tidak bisa terlaksana oleh dunia nyata. Dari mimpi-mimpi inilah kita bisa melihat bawah sadar kita sendiri sebagai manusia.

Sakit jiwa merupakan ketidakmampuan mengelola bawah sadar kita karena kurangnya pengetahuan tentang bawah sadar itu sendiri. Secara terus menerus bawah sadar yang menekan kesadaran dan ingin keluar dari gerbang kegelapannya. Akan tetapi apabila hal ini terus ditekan oleh superego maupun ego yang ada maka hasilnya adalah ketidakstabilan dari jiwa itu sendiri. Kegilaan lah yang akan menjadi hasil dari pertarungan ini.

Untuk mengatasi permasalahan ini maka bawah sadar yang menekan keluar harus dibebaskan dan dibiarkan bebas untuk mengurangi tekanan yang ada dalam jiwa itu sendiri. Demikianlah terapi-terapi psikoanalisa dilakukan. Salah satu metode yang paling sering digunakan adalah dengan metode hipnotis sehingga pasien mudah diarahkan untuk membuka gerbang bawahsadarnya ke alam sadarnya. Dengan membuka gerbang bawah sadar ini maka ketegangan yang ada karena pertarungan antara Id dan Superego dapat diredakan.

Alam bawah sadar sering juga merupakan ingatan yang sangat baik dalam merekam setiap kejadian hidup. Bahkan sesuatu yang tidak kita sadari dapat memasuki alam tak sadar kita sehingga ingatan kita dalam alam bawah sadar kita sepeti ingatan fotografis maupun seperti rekaman kaset audio video yang amat baik. Hal ini banyak sekali menjelaskan mengenai kemampuan seseorang yang tiba-tiba dapat mengenal bahasa yang asing serta dapat menggunakan bahasa asing tersebut walaupun secara sadar ia tidak pernah memperlajarinya.

Share this post :

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan anda. Jika Anda COPAS Tolong cantumkan Link Sumber. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.
Jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar :)

 
Support : Jadwal Training 2016 | Informasi Training dan Seminar Indonesia | Mas Template
Copyright © 2011. WWW.SINTANG.COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger