Headlines News :
Home » » Konsep Psikologi

Konsep Psikologi

Written By bambang Supriadi on Sunday, 23 January 2011 | 10:30


Di masa era  informasi dan komunikasi global seperti saat ini, jarang orang mengaku bahwa dirinya tidak mengenal psikologi. Sebenarnya apa si psikologi itu………?????
Psikologi mengandung kata psyche yang dalam bahasa yunani berarti jiwa dan kata logos dapat diterjemahkan dengan kata ilmu. Jadi,psikologi adalah ilmu jiwa. Namun ilmu jiwa itu belum tentu psikologi,akan tetapi psikologi tentu merupakan ilmu jiwa. Dan jiwa itu mengandung arti yang abstrak,maka dari itu sangatlah sulit untuk mengenal jiwa manusia yang sifatnya abstrak. Dan hanya dengan cara mengobservasi perilakunya lah yang dapat di lakukan. Jadi,psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Adapun Hubungan Psikologi Dengan Ilmu-ilmu laen…. Dimana antara psikologi dan ilmu-ilmu laen itu tidak luput halnya adalah saling memerlukan.
I. Hubungan psikologi dengan sosiologi. Betapa besarnya pengaruh dari pendekatan secara psikologis,ini ditunjukan bahwa gejala sosial mempunyai sifat psikologis yang terdiri atas kepercayaan-kepercayaan dan keinginan,juga menjelaskan gejala-gejala sosial dalam kerangka reaksi-reaksi psikis dari orang.
2. Hubungan psikologi dengan antropologi. Ditunjukan dengan munculnya cabang baru dari antropology yang disebut antropology in mental health. Dimana anthropology in mental health ini memfokuskan pada emosi-emosi yang tertekan.
3. Hubungan psikologi dengan ilmu politik. Psikologi merupakan ilmu yang mempunyai peran penting dalam bidang politik,terutama yang dinamakan dengan “massa psikologi”.
4. Hubungan psikologi dengan ilmu komunikasi. Komunikasi itu sifatnya efektif,psikologi komunikasi dasini yaitu ilmu yang mempelajari menganai peristiwa mental dan behavioral dalam komunikasi.
5. Hubungan psikologi dengan biologi. Sampai manakah hubungan psikologi dengan biologi……..???? Jika dilihat dari obyek materialnya sama,antara psikologi dan biologi yaitu sama-sama mempelajari kehidupan jasmaniah manusia dan hewan.
6. Hubungan psikologi dengan ilmu alam. Dalam penelitianya,psikologi terpengaruh oleh ilmu alam,dan psikologi disusun atas dasar eksperimen.Namun psikologi sadar bahwa obyek penyelidikanya adalah manusia dan tingkah lakunya yang hidup dan selalu berkembang. Sedangkan ilmu alam adalah benda mati,jadi metode ilmu alam yang diharapkan dalam psikologi kurang tepat.
7. Hubungan psikologi dengan filsafat. Filsafat memerlukan data dari ilmu untuk mencari dan memikirkan suatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya. Jika ahli filsafat manusia hendak menyelidiki manusia,maka harus mengetahui gejala tindakan manusia.
8. Hubungan psikologi dengan ilmu pendidikan. Psikologi dengan ilmu pendidikan mempunyai hubungan timbal balik. Ilmu pendidikan bertujuan memberikan bimbingan hidup manusia sejak ia lahir sampai mati.Dan pendidikan tidak akan berhasil bila tidak berdasarkan kepada psikologi perkembangan.
SEJARAH PSIKOLOGI DAN PSIKOLOGI SEBAGAI ILMU OTONOM
Psikologi adalah ilmu yang tergolong muda. Tetapi orang disepanjang sejarah telah memperhatikan masalah psikologi. Seperti filsuf yunani terutama plato dan aristoteles.Karena pada saat itu psikologi masih dipengaruhi oleh cara-cara berfikir filsafat dan terpengaruh oleh filsafatnya sendiri,karena para ahli psikologi pada masa itu adalah ahli-ahli filsafat. Dan pada waktu itu psikologi masih berbentuk wacana belum menjadi ilmu pengetahuan. Sampai abad pertengahan pun psikologi masih merupakan bagian dari filsafat,sebagai obyeknya terhada hakikat jiwa.
Di dalamnya ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan. Dan untuk menjadi ilmu pengetahuan yang otonom(berdiri sendiri) artinya tidak terpengaruh oleh ilmu lain atau para ahli filsafat,maka pengetahuan itu harus memenuhi syarat sekurang-kurangnya,yaitu: mempunyai obyek dan pembahasan obyek,mempunyai metode,mempunyai sistem,mempunyai sifat universal,dan dapat dibuktikan.
ALIRAN-ALIRAN PSIKOLOGI
Aliran Strukturalisme. Stuktur adalah sistem tranformasi yang mengandung kaidah sebagai sistem dan yang melindungi diri atau memperkaya diri melalui peran tranformasi-tranformasinya,tanpa keluar dari batas0batasnya atau menyebabkan masuknya unsur-unsur luar. Ada 3 sifat yang tercakup dalam sebuah struktur,yaitu: totalitas,tranformasi,dan pengaturan diri.
Aliran Fungsionalisme. Fungsionalisme adalah suatu tendensi dalam psikologi yang menyatakan bahwa pikiran,proses mental,presepsi indrawi,dan emosi adalah adaptasi organisme biologis.
Aliran Psikoanalisis. Lahirnya aliran ini di dalam dunia psikologi yaitu sering dianalogikan dengan revolusi convernican dalam natural science: dicaci,ditolak,tapi pada akhirnya diagungkan.
Aliran Psikologi Gestalt.Untuk menerjemahkan istilah gestalt ke dalam bahasa lain memang tidaklah mudah. Kata gestalt berasal dari bahasa Jerman,yang dalam bahasa inggris berarti form,shape,configuration,whole. Dan adlam bahasa indonesia yang berarti bentuk,konfigurasi,hal,peristiwa,pola,totalitas,atau bentuk keseluruhan.
Aliran Behaviorisme. Behaviorisme adalah sebuah aliran dalam psikologi yang didirikan John B. Watson pada tahun 1913. Aliran ini sama halnya dengan psikoanalisis,behaviorisme juga merupakan aliran yang revolusioner,kuat,dan berpengaruh,serta memiliki akar sejarah yang cukup dalam.

Share this post :

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan anda. Jika Anda COPAS Tolong cantumkan Link Sumber. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.
Jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar :)

 
Support : Jadwal Training 2015 | Informasi Training dan Seminar | Mas Template
Copyright © 2011. WWW.SINTANG.COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger