Remaja dalam pergaulannya mempunyai beberapa bentuk gaya hidup umum yang
bisa dipelajari lewat kasat mata. Karenanya, untuk lebih memahami remaja,
perhatikan gaya hidup yang kini dianutnya, meski kerap berganti, namun secara keseluruhan
bisa diawasi seandainya dia mulai keluar dari jalur positif. Masa remaja dikatakan sebagai suatu masa
yang berbahaya, karena pada periode itu seseorang meninggalkan tahap kehidupan
anak-anak untuk menuju ke tahap
selanjutnya yaitu tahap kedewasaan. Masa
ini dirasakan suatu krisis karena belum adanya pegangan,sedangkan
kepribadiannya sedang mengalami pembentukan.
a. Industri
Gaya Hidup
Dalam abad gaya hidup, penampilan-diri itu justru mengalami estetisisasi,
"estetisisasi kehidupan sehari-hari" dan bahkan tubuh atau diri (body
or self) pun justru mengalami estetisisasi tubuh. Tubuh atau diri dan kehidupan
sehari-hari pun menjadi sebuah proyek, benih penyemaian gaya hidup. "Kamu
bergaya maka kamu ada!" adalah ungkapan yang mungkin cocok untuk melukiskan
kegandrungan manusia modern akan gaya. Itulah sebabnya industri gaya hidup
untuk sebagian besar adalah industri penampilan.
b. Iklan
Gaya Hidup
Dalam masyarakat mutakhir, berbagai perusahaan
(korporasi), para politisi, individu-individu semuanya terobsesi dengan citra.
Di dalam era globalisasi informasi seperti sekarang ini, yang berperan besar
dalam membentuk budaya citra (image culture) dan budaya cita rasa (taste
culture) adalah gempuran iklan yang menawarkan gaya visual yang kadang-kadang
mempesona dan memabukkan. Iklan merepresentasikan gaya hidup dengan menanamkan
secara halus (subtle) arti pentingnya citra diri untuk tampil di muka publik.
Iklan juga perlahan tapi pasti mempengaruhi pilihan cita rasa yang kita buat.
c. Public
Relations dan Jurnalisme Gaya Hidup
Pemikiran mutakhir dalam dunia promosi sampai pada
kesimpulan bahwa dalam budaya berbasis-selebriti (celebrity based-culture),
para selebriti membantu dalam pembentukan identitas dari para konsumen
kontemporer. Dalam budaya konsumen, identitas menjadi suatu sandaran
"aksesori fashion". Wajah generasi baru yang dikenal sebagai
anak-anak E-Generation, menjadi seperti sekarang ini dianggap terbentuk melalui
identitas yang diilhami selebriti (celebrity-inspired identity)-cara mereka
berselancar di dunia maya (Internet), cara mereka gonta-ganti busana untuk
jalan-jalan. Ini berarti bahwa selebriti dan citra mereka digunakan momen demi
momen untuk membantu konsumen dalam parade identitas.
d. Gaya
Hidup Mandiri
Kemandirian adalah mampu hidup tanpa bergantung
mutlak kepada sesuatu yang lain. Untuk itu diperlukan kemampuan untuk mengenali
kelebihan dan kekurangan diri sendiri, serta berstrategi dengan kelebihan dan
kekurangan tersebut untuk mencapai tujuan. Nalar adalah alat untuk menyusun
strategi. Bertanggung jawab maksudnya melakukan perubahan secara sadar dan
memahami betuk setiap resiko yang akan terjadi serta siap menanggung resiko dan
dengan kedisiplinan akan terbentuk gaya hidup yang mandiri. Dengan gaya hidup
mandiri, budaya konsumerisme tidak lagi memenjarakan manusia. Manusia akan
bebas dan merdeka untuk menentukan pilihannya secara bertanggung jawab, serta
menimbulkan inovasi-inovasi yang kreatif untuk menunjang kemandirian tersebut.
e. Gaya
Hidup Hedonis
Gaya hidup hedonis adalah suatu pola hidup yang
aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup, seperti lebih banyak menghabiskan
waktu diluar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, senang
membeli barang mahal yang disenanginya, serta selalu ingin menjadi pusat
perhatian.
PENUTUP
KESIMPULAN
Bahwa bentuk dari suatu gaya hidup dapat berupa gaya hidup dari suatu
penampilan, melalui media iklan, modeling dari artis yang di idolakan, gaya
hidup yang hanya mengejar kenikmatan semata sampai dengan gaya hidup mandiri
yang menuntut penalaran dan tanggung jawab dalam pola perilakunya.
Post a Comment
Terima Kasih atas kunjungan anda. Jika Anda COPAS Tolong cantumkan Link Sumber. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.
Jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar :)